Apa itu manajemen risiko di Forex?

Posted on

Manajemen risiko, juga dikenal sebagai pengelolaan uang, mengacu pada sejumlah teknik perdagangan yang digunakan untuk mengurangi eksposur risiko. Dipengaruhi oleh berbagai faktor, nilai tukar mata uang terkadang cukup fluktuatif, sehingga melindungi akun Anda dari fluktuasi harga yang merugikan merupakan bagian penting dari strategi perdagangan. Konsep inti dari pengelolaan uang adalah untuk menghindari risiko lebih dari 1-2% dari dana pribadi pada setiap perdagangan tunggal. Prinsip ini dapat sangat mengurangi eksposur risiko: asalkan hanya 1% dari setoran awal yang berisiko, bahkan setelah beberapa kali kehilangan perdagangan, Anda kemungkinan besar akan mempertahankan sebagian besar saldo akun.

Rasio risiko terhadap imbalan menunjukkan potensi keuntungan dibandingkan dengan jumlah yang mungkin Anda hilangkan untuk setiap perdagangan tertentu. Misalnya, ketika Anda mengambil risiko 100 USD pada posisi untuk berpotensi mendapatkan 300 USD, rasio risiko terhadap imbalan adalah 1:3. Rasio 1:2 dianggap sebagai minimum yang harus dituju karena hanya sepertiga dari posisi yang perlu menguntungkan untuk tetap impas.

Potensi untung dan rugi dapat ditentukan melalui level Stop Loss dan Take Profit. Stop Loss dan Take Profit adalah perintah untuk menutup posisi saat harga mencapai level tertentu yang telah ditentukan. Stop loss atau Take Profit dapat diidentifikasi dengan berbagai alat analisis teknis:

Support and resistance: untuk posisi short stop loss biasanya ditempatkan tepat di atas level resistance, sedangkan posisi long sering kali memiliki stop loss yang ditetapkan sedikit di bawah level support.
Garis tren dan saluran: harga stop loss biasanya ditempatkan di luar saluran, di atas atau di bawah garis tren.

Katakanlah Anda membuka 1 lot EURUSD order Beli di 1,12097. Untuk mencapai rasio risiko terhadap imbalan 1:2, Anda dapat mengatur level stop loss di 1,12077 (2 pips) dan level take profit di 1,12137 (4 pips). Dengan demikian, Anda hanya akan mempertaruhkan 20 USD untuk mendapatkan 40 USD. Bergantung pada setoran awal Anda, Anda dapat mengatur level SL/TP lebih jauh, selama risiko Anda di bawah 1-2% dari dana pribadi.

Baca Juga  Game Penghasil Saldo Dana

Bergantung pada setoran awal Anda, Anda dapat mengatur level SL/TP lebih jauh, selama risiko Anda di bawah 1-2% dari dana pribadi.

Penting untuk dicatat bahwa harga setiap pip tergantung pada alat perdagangan dan volume posisi Anda. Anda dapat menemukan harga pip per 1 lot di halaman Spreads and Conditions atau cukup hitung di sini.

Trailing Stop dapat digunakan untuk menyesuaikan level stop loss secara otomatis setiap kali harga bergerak ke arah yang menguntungkan. Seiring dengan mengurangi risiko, pada akhirnya mungkin juga mengunci keuntungan yang sudah diperoleh.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa baik stop loss maupun take profit tidak dijamin: ketika pasar bergejolak atau selama gap harga, order Anda dapat dieksekusi pada harga yang berbeda dari yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.