Cara Aktifkan 5G Telkomsel di HP 4G

Posted on

Cara aktifkan 5G Telkomsel di HP 4G – Saat ini, banyak operator yang berlomba menggunakan jaringan 5G, tak terkecuali bagi Telkomsel, yang merupakan salah satu operator terbesar di Indonesia. Telkomsel sendiri sudah merambah 5G dan menawarkan kepada pengguna setianya.

Kendati demikian, saat ini masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara aktifkan 5G Telkomsel dengan Smartphone. Prosedurnya pun terbilang mudah, untuk itu tips berikut ini akan membantu Anda.

Cara Aktifkan 5G Telkomsel dengan Smartphone

Artikel ini merangkum setidaknya empat tahap untuk menggunakan 5G, berikut ini rangkaiannya:

cara aktifkan 5G Telkomsel di HP 4G
cara aktifkan 5G Telkomsel di HP 4G

Gunakan Kartu Tipe SIM (SIM 4G)

Hal awal yang mesti dilakukan adalah memastikan jika Anda telah menggunakan kartu tipe u-SIM. Perlu diketahui, jika nomor yang digunakan banyak pelanggan saat ini telah diaktifkan pada fitur 5G secara langsung dan akan terus bertambah melalui beberapa tahap.

Selanjutnya, Anda bisa langsung mengunjungi halaman website www.telkomsel.com/5G guna mengisi form registrasi. Tujuannya, untuk melakukan aktivasi nomor ponsel, yang sekaligus memberikan aspirasi terhadap perkembangan jaringan 5G pada layanan Telkomsel.

Lokasi Strategis untuk Jaringan Telkomsel

Langkah kedua yang juga penting adalah dengan berada di area jangkauan 5G Telkomsel. Ini adalah prosedur standar, tak hanya 5G sebenarnya. Namun pada 5G Telkomsel, baru terdaftar di 9 kota besar.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan berada di salah satu kota dari 9 kota yang terdaftar tersebut. Deretan kota yang dimaksud adalah Tangerang Selatan, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Balikpapan, Medan, Bandung, Makassar, Denpasar, Batam, Surakarta, Jawa Barat dan Jakarta Selatan.

Berikutnya, Anda bisa langsung mendatang kantor GraPARI di beberapa kota tersebut seperti GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Balikpapan, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Telkom Medan, GraPARI Batam Center, GraPARI Solo, GraPARI Kota Solo, GraPARI Renon Bali serta GraPARI Pemuda Surabaya.

Menggunakan Smartphone yang Mendukung Jaringan 5G

Cara mengaktifkan 5G Telkomsel di HP 4G Berikutnya adalah menggunakan smartphone yang memang mendukung jaringan 5G. ini adalah komponen penting untuk penggunaan layanan yang lebih baik namun, perlu diingat jika pengguna harus lebih dulu memastikan jika fitur pada perangkat yang digunakan telah terbuka (unlock).

Telkomsel sendiri telah memastikan jika layanan yang digunakan mendukung perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) dengan frekuensi 2.300 MHz. Beberapa perangkat smartphone yang mendukung di antaranya Oppo Reno 5, Vivo X60 Pro, Realme 8 5G, Vivo X60 serta  Huawei Mate 40.

Pastikan Nomor Ponsel Telah Diaktivasi Fitur 5G

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memastikan nomor ponsel yang digunakan telah diaktivasi fitur 5G. Aktivasi ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan untuk mengonfirmasi kembali nomor yang digunakan mendukung layanan atau tidak.

Meski sederhana, banyak pengguna yang tak menyadarinya karena biasanya, 5G Telkomsel pada bar jaringan tak berada di bagian atas layar ponsel. Sekadar informasi, pengguna smartphone mesti membuka kunci atau unlock pada setiap perangkat yang telah terhubung ke jaringan.

Sistem ini umumnya digulirkan menggunakan Over The Air (OTA) atau serupa dengan pembaruan perangkat lunak. Jika Anda ragu untuk membuka kunci tersebut secara mandiri di smartphone Anda. Maka ada baiknya untuk mengunjungi langsung merek ponsel masing-masing. Jangan mendatangi GraPARI karena sistem di setiap ponsel akan berbeda.

Itulah cara aktifkan 5G Telkomsel di HP 4G. Anda bisa mengikuti dari tahap pertama hingga keempat dan memastikan tidak melewatkan tahap apapun. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *